Sunday, 21 April 2013

Bebas Diabetes Kini Bukan Impian Lagi



Begitu banyak ragam yang dikonsumsi oleh seseorang di dalam kehidupan setiap harinya, baik itu dalam hal penampilan, kecantikan, perawatan maupun asupan makanan, dengan berbagai pilihanpun ditawarkan. Gampang gampang susah bagi kita untuk menyeleksinya dengan dalih dibutuhkan juga kok, akan tetapi tentunya kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk menimpa kehidupan kita khususnya dalam hal kesehatan. Siapa sih yang tidak mau untuk selalu sehat dan fit sepanjang hidupnya di dunia ini. Nah agar bisa meminimalis hal-hal tersebut, salah satu yang ingin dibagikan oleh sehatcantik adalah bisa hidup bebas dari yang dinamakan diabetes.
Sehatcantik mengajak para pembaca untuk tetapkan kebiasaan yang benar supaya menjauhkan diri dari diabetes. Diseluruh dunia saat ini, jumlah penderita diabetes semakin meningkat, menurut catatan WHO menyebutkan, Indonesia ada di urutan ke-4 sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Tahun 2006 saja tercatat sebanyak 14 juta orang diketahui menderita diabetes, bisa jadi angka tersebut sudah bertambah pada tahun ini.
Para ahli menyebutkan bahwa sebagai pemicu terbanyak penyakit diabetes adalah faktor gaya hidup yang buruk. Beberapa hal yang dapat memperbesar resikonya adalah tidak pernah berolahraga, kelebihan berat badan atau obesitas, mempunyai kadar gula darah di atas normal, dan tekanan darah tinggi. Bila kita memiliki satu saja dari kondisi tersebut, artinya kita sudah beresiko terhadap diabetes.
Oleh sebab itu ladies, sebelum terlambat segeralah lakukan langkah pencegahan seperti berikut:
1. Aktif bergerak
Mulailah membudayakan dan jadikan kebiasaan sehari-hari untuk membuat tubuh jadi bugar dengan membuat jadwal rutin berolahraga setiap minggu. Pilihlah olahtubuh yang memang diminati dan disesuaikan saja dengan keadaan. Disamping itu dapat juga untuk membiasakan banyak jalan disela-sela kegiatan kita. Kebiasaan baik tersebut di atas akan memberikan relaksasi bagi organ tubuh secara keseluruhan, memperlancar aliran darah dan metabolisme akan jadi lebih baik lagi.
2. Hindari stressHal ini pastinya terjadi pada setiap insan, oleh karena itu cobalah untuk menekan tingkat tekanan ataupun stres yang mungkin ada. Seperti yang dikatakan oleh Richard Surwit, PhD, penulis buku The mind-body diabetes revolution, insulin dipaksa untuk bekerja di saat kita stress, bila terjadi resistensi maka gula akan menumpuk di pembuluh darah. Jadi di saat pikiran berada dalam tekanan, produksi gula darah meningkat.
3. Tidurlah cukup dan berkualitas
Pada umumnya hal ini dianggap sepele terlebih bagi yang padat oleh kegiatan bisnis yang bisa saja menyita waktu hingga harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam bahkan begadang yang bisa jadi membuat seseorang selain kurang tidur dapat mengakibatkan gangguan tidur. Coba perhatikan, berdasarkan pada sebuah penelitian, para ahli di Yale University menunjukkan bahwa sekelompok orang yang sehari-harinya mengalami tidur kurang dari enam jam memiliki resiko diabetes dua kali lebih besar. Nah sedangkan yang tidur lebih dari delapan jam per harinya dengan diselingi gangguan sleep apnea beresiko tiga kali lebih besar.
4. Menjaga berat badan tetap ideal
Pola makan dan asupan makan yang sehat sangatlah baik bagi tubuh. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan pembuka (appetizer) sebelum masuk ke menu utama. Para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi salad dengan dressing rendah kalori (apapun jenisnya) sebagai pilihan makanan pembuka. Jadi dengan demikian perut sudah terisi, sehingga terkondisikan untuk menyantap hidangan utamanya dalam jumlah yang terbatas. Selain tubuh jadi ideal pemicu diabetespun dapat diminimalis, maka jadikanlah ini sebagai kebiasaan
info lengkap klik http://info-penting.com



0 komentar

Post a Comment