Tuesday, 11 April 2017

Begini Pola Makan Tepat Cegah Kanker Usus Besar

Begini Pola Makan Tepat Cegah Kanker Usus Besar

ASUPAN makanan selalu  mempunyai  dua  sisi  yang  berbeda. ada yang menjadikan manfaat bagi tubuh kita dan ada makanan  yang dikonsumsi  bisa  menjadi  pencetus  tumbuhnya kanker  namun  di  sisi  lain bisa juga  untuk mencegahnya.   Bila  berbicara  mengenai kanker  kolorektal, apa yang dimaksud dengan Kanker kolorektal, Kanker kolorektral adalah sejenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum.

Lantas,  pola  makan  seperti  apa  yang  bisa  mencegah  kanker  usus  besar? Menurut  spesialis  gizi  MRCC  Siloam Hospitals Semanggi, Dr. Samuel Oetoro, Ms,  Sp.GK,  makanan harus lengkap dan  menganut  balance  diet  atau seimbang.  Misalnya, terdapat  karbohidrat, sumber protein,  dan  rendah  lemak,  serta  mencukupi  nutisi  dan mineral.

Dengan  kata  lain,  untuk  mencegah  kanker usus  besar  seseorang harus  menerapkan  pola  makan sehat  di kesehariannya.  Seperti  apa  makan sehat  yang dimaksud?

“Makanlah  bahan  makanan yang organik dan bahan  makanan  dengan indeks glikemik rendah. Artinya  kita  bisa menggantinya  dengan  makanan  tinggi serat,” imbuhnya  pada Media Health  Forum  &  Peluncuran  Kampanye Toilet  bertema  “Kalahkan Kanker Kolorektal  Dengan Deteksi  Dini” di  The Energy  Building, Sudirman, Jakarta, beberapa pekan yang lalu.

Dikatakan oleh Dr Samuel,  ada  beberapa  makanan  yang  mengandung tinggi  serat,  misalnya  beras  merah, buah-buahan dan  sayuran  yang  tersusun sel  muda. Selain  itu, untuk  mencegah  kanker usus  besar dianjurkan  untuk mengonsumsi 10 porsi  buah  atau 10  warna buah  dalam  sehari,  mengapa?

 “Karena untuk  menangkal  antioksidan dan  meningkatkan serat, sehingga kotoran  di  usus besar tidak terlalu lama  dan  dinding usus akan terangsang untuk  mengeluarkan  kotoran di dalam  rongga usus besar,” jelasnya.

Sementara untuk konsumsi  sayuran, Dr  Samuel  menganjurkan tiga  sampai  lima  porsi dalam  sehari. Hal  ini karena  menurutnya,  sayuran mengandung  serat  dan  antioksidan yang tinggi,  sehingga  buang  air besar  menjadi teratur dan lunak.