Wednesday, 13 December 2017

Tips Menyiapkan Diri Menjadi Dosen Hebat? Baca Yuk!


dosen terbaik

TabloidKu.com- Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjadi seorang Dosen adalah impian para mahasiswa dan para pengajar. Tapi di sayangkan banyak pula yang melihat sisi seorang Dosen dari luarnya, tetapi tidak dari niat dan profesi Dosen itu sendiri. Menjadi Dosen perlu proses yang cukup berat, maka dari itu, perlu persiapan yang perlu di ketahui, untuk menjadi Seorang Dosen.
Nah di simak yuukk... :

  • Sebaiknya saat kuliah mencoba menjadi asisten praktikum atau guru les.  Tidak semua orang bisa menikmati  mengajar.
  • Setelah lulus lebih baik mencoba pekerjaan lain dulu.  Jangan sampai menyesal setelah menjadi dosen karena bayarannya kurang memadai (memadai atau tidak relatif untuk setiap orang).   Saat baru lulus mungkin bayarannya tidak terlalu berbeda dengan profesi lain (khususnya bidang IT), tapi semakin lama gajinya akan semakin besar. Hitungan kasar saya, setelah 10 tahun selisih gaji antara profesi dosen vs non dosen (bidang IT)  bisa mencapai 5-10 kali lipat, alias 500% –  1000%.
  • Kalau  niatnya ingin kaya, jangan jadi dosen,  jadi pengusaha yang paling tepat.   Terus terang saya merasa terganggu dengan beberapa dosen  yang mengorbankan kuliah dan mahasiswa untuk mencari uang di luar kampus.   Boleh saja mencari tambahan di luar kampus, tapi prioritas utama haruslah tetap mengajar dan penelitian di dalam kampus.
  • Kalau sudah yakin memilih  profesi dosen,  mulailah kuliah   S2. Umumnya syarat dosen saat ini adalah minimal S2 dan bahkan untuk dosen ITB mewajibkan sedang S3.  Lebih bagus lagi jika  mengambil S2/S3 di luar negeri  karena pengalamannya akan lebih banyak.


Bagaimana sobat TabloidKU? Semoga niat yang tulus mempermudah anda menjadi seorang Dosen yang tidak hanya mengejar saja materi yaaa. SEMANGAT!!

0 komentar

Post a Comment