Sabtu, 04 September 2021

Potensi Wisata Alam Desa Parakan Garokgek kecamatan Kiarapedes Purwakarta



Tabloidku - Sabtu pagi kelompok 5 KPPM (Kuliah Pengabdian dan pelayanan Masyarakat) STAI AL-BAROKAH Purwakarta, yang di ketuai Bapak Dede Mulyadi dan rekan-rekan memulai perjalanan menyusuri desa parakan garokgek.



Di pandu oleh salah satu warga sekitar bernama saudara Akbar.
Team KPPM berkeliling menyusuri Desa parakan garokgek dari RW 01 sampai RW 06 sambil bersilaturahmi dengan warga sekitar dan tokoh masyarakat.

 
Sepanjang perjalanan kami kagum dengan sumber daya alam yang melimpah di desa parakan garokgek.
Mayoritas sumber mata pencaharian warga desa parakan garokgek yaitu petani, salah satu unggulannya yaitu buah  manggis/manggu.
Serta sepanjang jalan kami melihat hamparan ladang perkebunan padi, kacang, mentimun dll


Akhirnya kami di ajak ke salah satu objek wisata yang ada di desa parakan garokgek yaitu sungai Cidomas.



Kami terkagum-kagum melihat keindahan alamnya ternyata Purwakarta memiliki destinasi alam yang begitu luar biasa asri dan indah.
Sejuknya udara alam, dan Rindangnya Pepohonan Membuat Asri dan sejuknya alam Sungai Cidomas.
Airnya jernih hijau kebiruan nan deras dengan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. 
Sungai ini berada di Kampung Garokgek, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat.
Namun akbar memaparkan masih belum terkelola dengan baiknya objek wisata tersebut bahkan terbengkalai.
Padahal jika dikelola dengan baik sedikitnya bisa menyerap lapangan pekerjaan bagi warga desa sekitar.
Setelah kami survei ternyata benar terlihat jelas dari akses jalan yg belum tertata dengan baik.
Padahal jika dikelola dengan baik sedikitnya bisa mengangkat nama desa parakan garokgek dan dapat menyerap lapangan pekerjaan bagi warga desa sekitar.

Sungai Cidomas, terletak di kaki Gunung Burangrang, perbatasan Purwakarta – Subang, di pedalaman kampung dan perkebunan teh serta pala yang menambah asri jalur menuju sungai. Keunikan air Cidomas yang terlihat berwarna biru itu, akibat pantulan dari sinar matahari, jernihnya air, dan kedalaman sungai. Selain itu terdapat juga aliran air terjun kecil dan tebing batu yang luar biasa membentuk relief hasil pahatan alam yang luar biasa indah.



Selain menikmati panorama alam yang indah berbalut udara sejuk, Anda pun bisa berenang untuk menikmati kesegaran air Cidomas yang berasal dari puluhan mata air. Kedalamannya bervariasi mulai dari sisi sungai setinggi 10 cm hingga tengah setinggi 2 meter. Sungai Cidomas dulu sebelum ramai seperti saat ini, digunakan warga setempat untuk mencuci pakaian atau bahkan mandi.



Rute menuju lokasi Sungai Cidomas, jika Anda dari Wanayasa bisa terus melaju menuju Kecamatan Kiarapedes, melewati ICG (Islamic Center Garokgek). Tepat dipertigaan sebelum perbatasan belok ke kiri dan mengikuti jalan desa Parakan garokgek, untuk sampai ke Sungai Cidomas. Sementara bila Anda dari arah Subang setelah tugu perbatasan ada pertigaan belok ke kanan dan mengikuti jalur jalan desa.

0 komentar

Posting Komentar