Friday, 8 July 2016

13 Rahasia Penting dari Joe Girard Agar Sukses Menjual

joe Girard
joe Girard






























Siapa itu Joe Girard?  Kalau anda bergerak dibidang penjualan atau anda seorang wiraniaga sudah selayaknya anda mengenal siapa itu Joe Girard,  karena orang ini bisa menjadi sumber inspirasi kita dalam mencapai keberhasilan karir penjualan kita. Pria kelahiran Detroit, Michigan ini akhirnya berhasil mencatatkan namanya didalam Guinness Book of World Records sebagai penjual mobil nomor satu didunia. Dan beliau diberi gelar “The World Greatest Salesman”. Rekornya menjual mobil secara personal ataupun eceran dalam satu tahun hingga saat ini belum terpecahkan, entah sampai kapan mungkin menunggu anda memecahkannya. Joe Girard menjual mobil di Detroit Amerika Serikat sekitar tahun 60-an dan rekornya adalah 1.425 buah mobil dalam satu tahun. Dahsyat, Fantastis, bombastis dan fenomenal. Disaat salesman-salesman lain hanya menjual 4-5 mobil per bulan si mantap Joe bisa menjual 5-6 buah mobil per hari. Dan selama berkarir dia sudah menjual 13.001 mobil baru secara personal atau eceran. Mobil-mobil tersebut dijualnya sendiri tanpa bantuan salesman lain.
Dalam situs resmi Joe Girard (www.joegirard.com), dia memberikan 13 aturan buat para sales agar berhasil, yaitu:

1. Simpanlah masalah untuk diri sendiri. Jangan perlihatkan masalah anda kepada orang lain atau konsumen. Usahakan agar konsumen selalu melihat Anda selalu ceria dan bahagia.

2. Kelola hidup Anda dengan sebaik mungkin. Hindari Jangan pernah mengatakan lupa pada orang lain atau konsumen. Oleh karena itu, milikilah sebuah buku agenda khusus untuk untuk catatan perjanjian atau hal-hal penting dari konsumen. Catat kejadian hari ini dan tulis rencana besok. Kalau Anda tahu mau berbuat apa besok, yakinlah itu akan tercapai.

3. Bekerjalah pada waktu seharusnya Anda bekerja. Jangan sekali-kali mengorbankan waktu kerja untuk urusan lain seperti menonton tv atau bermain golf. Jangan pernah berlama-lama istirahat makan siang.

4. Sesuaikan pakaian Anda dengan calon pelanggan atau konsumen. Kalau mereka adalah pekerja biasa, jangan sekali-kali menggunakan baju atau barang bermerek yang  mahal. Bisa-bisa mereka sudah membatalkan pembelian sebelum Anda menawarkan.

5. Ingat aturan TABU GIRARD saat berhadapan dengan klien: tidak merokok, tidak mengunyah permen karet, tidak menggunakan minyak wangi berlebihan, tidak menggunakan anting di telinga (buat pria), tidak menerima panggilan handphone, dan yang paling UTAMA jangan pernah terlambat.

6. Dengarkanlah. Ya, dengarkanlah apa yang dikatakan konsumen. Jadilah pendengar yang baik, karena mereka sangat menyukai orang yang mampu menjadi pendengar. Makin banyak mendengar, kian banyak bisnis buat Anda. Dalam hal ini, diam adalah emas.

7. Jangan lupa untuk memberikan senyuman kepada pelanggan. Sangat mudah tapi kadang terlupakan.

8. Kembangkan sikap positif. Sikap-sikap yang positif akan membantu Anda menjalani profesi sales yang tangguh dan Hebat.

9. Balaslah semua telepon, sms, atau email dari pelanggan sesegera mungkin. Jangan pernah mengabaikan mereka.

10. Selalu berbicara yang benar dan jujur. Jangan pernah sekali-sekali anda berbohong. Sekali berbohong, maka selamanya Anda akan dianggap sebagai pembohong.

11. Jual dengan harga sewajarnya. Jangan mengambil untung terlalu banyak. Pelanggan  selalu suka membanding-bandingkan. Jika mereka tahu harga jual Anda lebih tinggi maka mereka tidak akan memilih Anda. Girard selalu menawarkan mobil dengan harga terbaik.

12. Jadikan diri Anda di depan produk atau jasa yang Anda berikan Atau menguasai informasi Produk tersebut . Dan yang terpenting adalah layani pelanggan. Puaskan mereka sehingga melakukan repeat order.

13. Pelajari setiap transaksi penjualan. Pasti ada nilai-nilai yang bermanfaat. Biasanya konsumen yang bertransaksi dengan Anda sedang mempertaruhkan kepercayaannya pada Anda. Jika dia sudah percaya, maka dia akan berbisnis dengan Anda selamanya.

Semoga informasi ini bermanfaat.


0 komentar

Post a Comment