Tuesday, 18 April 2017

6 Tips jitu Cara Memenangkan Tender

Tips Cara Memenangkan Tender

Untuk keberlangsungan Bisnis, Tidak Jarang pendiri atau pengurus badan usaha mempunyai keinginan untuk memenangkan Tender baik yang diadakan oleh pihak instansi pemerintahan maupun pihak swasta. Namun, Memenangkan Tender bukanlah persoalan yang mudah karena pendiri atau pengurus badan usaha harus bersaing dengan sekian banyak kompetitor yang menjadi peserta tender. Jika seorang pendiri atau pengurus tidak mau mencari strategi terbaik, mustahil ia dapat memenangkan Tender. Oleh karena itu, berikut akan dibagikan Tips-tips jitu yang harus di perhatikan pendiri atau pengurus badan Usaha agar dapat memenangkan Tender. dikutip dari Hendriawan Afif, Strategi jitu Menang Tender bagi Wirausaha Pemula dan Berpengalaman (Bandung: Kilas media,2009 hlm 88).

1. Pastikan Badan Usaha yang didirikan dikelola dengan Baik
Badan Usaha Harus Di pastikan Memiliki manajemen yang Baik, meliputi bidang pengelolaan usaha, karyawan, Sistem kerja, distribusi, pemasaran, dan sebagainya. jika hal-hal tersebut tidak dapat dikelola dengan Baik, kemungkinan untuk memenangkan tender sangatlah Kecil. Sebab Panitia Tender akan jauh lebih mempertimbangkan badan Usaha yang memiliki manajemen yang baik.

2. Bertanya Kepada pihak-pihak yang berpengalaman mengenai Cara memenangkan Tender
Bertanya atau Berkonsultasi dengan orang atau pihak yang sudah berpengalaman dalam menangani Tender akan banyak ilmu dan pelajaran yang akan anda terima. berkaitan dengan hal itu, pendiri atau pengurus badan usaha perlu menjalin relasi secara luas serta mendatangi pemenang tender Guna untuk mempeoleh pengarahan serta  petunjuk secara terperinci.

3. Mengajukan Penawaran dengan Harga Yang Pantas
Ukuran Harga dari sebuah tender patut disesuaikan dengan tingkat kesulitan pengerjaan sekaligus penyelesaian pekerjaan yang dibebankan. Selain itu, Harga juga dapat disesuaikan dengan permintaan waktu pengerjaan yang relatif cepat atau singkat. berkaitan dengan Hal itu, seorang pendiri atau pengurus badan usaha disarankan harus terlebih dahulu mempelajari harga pekerjaan yang di bebankan dari sebuah Tender. Dengan cara seperti itu, ia dengan  mudah menentukan besaran harga yang pantas untuk sebuah Tender.

4.Mengetahui Metode penilaian yang diterapkan Oleh pihak Panitia Tender
Apabila diperlukan, pendiri atau pengurus badan usaha dapat mencari informasi mengenai sistem penilaian yang biasa di terapkan dalam tender. hal tersebut bertujuan untuk memahami secara pasti metode atau standar penilaian tender, sehingga dapat merumuskan tindakan-tindakan yang paling tepat untuk memenangkan tender.

5. Menghindari Bermain Curang
Melakukan Tindakan Main Curang, termasuk berkompromi dengan panitia untuk memenangkan tender wajib dihindari. Sebab, tindakan tersebut hanya akan berujung kerugian bagi pendiri atau pengusrus badan Usaha. Selain itu dengan bermain Curang tidak memberi pelajaran bagi pendiri dan pengurus badan usaha cara memenangkan tender di project-project berikutnya.

6. Memiliki Relasi yang Luas di Berbagai Bidang Usaha
Bidang pekerjaan yang dibebankan dari sebuah tender biasanya beraneka ragam. Oleh karena itu, dengan Memiliki relasi yang Luas kelak akan mempermudah gerak anda dalam menangani setiap Tender-tender yang di tangani, Serta pendiri atau pengurus badan usaha dapat percaya diri meyakinkan panitia bahwa perusahaan atau badan usaha miliknya sangat pantas dan layak untuk memenangkan tender.

Demikian di atas Artikel  6 Tips jitu Cara Memenangkan Tender,semoga informasi ini bisa bermanfaat,Salam Sukses untuk Anda.