Saturday, 22 April 2017

Bagaimanakah Cara Mencegah Osteoporosis?

Bagaimanakah Cara Mencegah Osteoporosis

Agar kepadatan Tulang tetap terjaga, tubuh memerlukan Kalsium dan mineral dalam jumlah yang cukup dan produksi beberapa macam hormon dalam jumlah yang tepat, antara lain estrogen pada wanita dan testosteron pada laki-laki.

Bagaimanakah Cara mencegah Osteoporosis?

Pengetahuan adalah kunci utama pencegahan dan pengobatan. Semakin anda banyak Tahu, semakin besar kesempatan anda untuk tetap aktif. Kunci penanganan Osteoporosis adalah mencegah kehilangan sel tulang dengan makanan yang cukup. kebiasaan yang sehat dan Olahraga yang tepat. 

Pencegahan dapat mengurangi atau menghentikan sama sekali kehilangan sel tulang. Semakin cepat melakukan langkah pencegahan, semakin baik Hasilnya. Jika anda masuk kategori beresiko tinggi  terkena Osteoporosis, saatnyalah untuk melakukan tindakan pencegahan, sebelum anda mengalami patah Tulang. Langkah-langkah pencegahan osteoporosis antara lain adalah :

Calcium/Kalsium
Salah satu cara terpenting untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi Kalsium yang cukup. Berikut Dosis kalsium yang diperlukan Oleh Tubuh menurut kelompok umur :
  • Anak-anak, usia 1-10 tahun : 800 mg kalsium/hari
  • Remaja usia 11-18 Tahun : 1.200 mg kalsium/hari
  • Remaja yang Hamil : 1.600 mg Kalsium/Hari
  • Wanita Hamil usia 19 tahun ke atas : 1.200 mg kalsium/Hari
  • Wanita menyusui : 1.200 mg kalsium/hari
  • Laki-laki dewasa, dibawah usia 65 Tahun : 1.000 mg kalsium/hari
  • laki-laki Dewasa diatas Usia 65 Tahun : 1.500 mg kalsium/hari
  • Perempuan Dewasa, sebelum menopause : 1.200 mg kalsium/Hari
  • Perempuan Dewasa, Sebelum setelah : 1.500 mg kalsium/hari
Vitamin D

Salah satu fungsi Vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium dari usus. sebagian penderita osteoporosis mempunyai kadar vitamin D yang Rendah di tubuhnya sehingga absorbsi kalsium dari usus juga kurang. Vitamin D dibentuk di dalam tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari atau di dapatkan langsung dari makanan. Dosis harian vitamin D adalah 400 IU. dosis ini dapat di tingkatkan hingga 800 IU, Terutama jika anda tidak cukup mendapat vitamin D dari makanan atau kurang terpapar sinar matahari. tapi ingat, jangan mengkonsumsi lebih dari angka ini, kecuali dokter anda menganjurkannya.

Olahraga

Olah raga Beban yang teratur sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Mulailah Dengan intensitas ringan kemudian ditingkatkan hingga 30 sampai 40 menit per sesi beberapa kali dalam seminggu. Walaupun berenang bukan termasuk olahraga beban, tetapi sangat baik untuk memperkuat otot punggung.

Semakin kuat otot punggung, maka semakin kuat dan padat pula tulang belakang. Olahraga air ini juga merupakan pilihan yang bagus bagi penderita radang sendi atau orang yang mengalami rasa nyeri jika melakukan olahraga beban.

Beberapa manfaat Olahraga :
  • Memelihara Tulang. Otot yang kuat membuat tulang semakin kuat dan padat.
  • Memperbaiki bentuk Tubuh. Otot punggung yang terlatih membantu menjaga tubuh agar tetap tegap dan mencegah Bungkuk.
 Walaupun Osteoporosis ini sering dianggap sebagai masalah yang berkaitan dengan usia, Namun penyakit ini bisa dideteksi secara lebih awal. penelitian menunjukan bahwa kepadatan tulang dan menyebabkan masalah yang terkait dengan osteoporosis dan osteopenia. Jadi, jangan tunggu sampai Anda punya masalah.
Sebaiknya mulai sekarang coba untuk melatih Tulang-tulang Anda.