Wednesday, 26 April 2017

Gerakan Senam Pencegah Osteoporosis

Gerakan Senam Pencegah Osteoporosis
Osteoporosis memang bisa di cegah, dengan cara menghilangkan kebiasaan seperti merokok, minum kopi, alkohol dan soft drink yang harus dikurangi.
Sebaliknya harus membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung Kalsium tingggi seperti ikan teri, udang rebon, kacang-kacangan, tempe atau minum susu. Kenapa harus memperbanyak kalsium?
karena kalsium merupakan elemen mineral yang paling banyak dibutuhkan untuk kesehatan Tulang.
Tetapi, Perlu anda ingat, untuk mencegah Osteoporosis, gizi saja tidak Cukupharus juga di barengi dengan Olahraga. salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam osteoporosis yang bertujuan untuk menjaga, menunda, dan mencegah penyakit-penyakit lanjut usia serta mengoptimalkan kepadatan Tulang.

Berikut gerakan-gerakan senam yang bisa Anda lakukan guna untuk memperpanjang usia Tulang seperti yang dilangsir dari berbagai sumber :

  •  Leg Curl
Pasang berat sebesar 0.5 kg pada pergelangan kaki kiri dan kanan duduk dengan posisi tegak, perut terkunci berpegangan pada bangku, Lalu angkat sedikit kaki kanan dan ayun ke depan. Lakukan sebanyak 8 kali hingga 3 set. Lalu ulangi kaki yang satu gerakan ini bertujuan untuk memberi latihan pada lutut.

  •  Inner Tight dengan Bola
Ambil posisi duduk tegak pada bangku. Letakan bola pada lutut  dengan kaki selebar bahu. tekan lutut sekuatnya hingga bola tegencet. Lakukan 8 hitungan hingga 3 set. Tujuan gerakan ini memberi latihan pada otot paha bagian Dalam.

  • Wrist Strengthening Dengan Bola
Posisi duduk Tegak denagn perut terkunci. kaki rapat dan Tangan kiri memegang bola tepat di depan dada. Tekan kedua telapak tangan sekuatnya hingga bola tergencet. Lakukan 8 hitungan hingga 3 set. Gerakan ini berfungsi untuk memberikan latihan pada pergelangan Tangan.

  •   Upper Body Strengthening 
Brdiri sambil menginjak bagian resistance tube. Posisi kaki terbuka selebar bahu dan badan tegak. Pegang kedua handled resistance tube, lalu tarik hingga pundak terangkat lurus kesamping. Tahan dalam 8 hitungan  hingga 3 set. Gerakan ini berguna untuk memberikan latihan pada bahu sampai  pergelangan Tangan.

  •  Hip Strengthening
Berdiri menghadap tembok. Tarik kaki kanan ke belakang selebar satu langkah, kaki kiri ditekuk kedepan. posisi seperti mendorong tembok. Tahan posisi tersebut dalam 8 hitungan, dan lakukan hinggga 3 set dengan msing-masing kaki. Tujuan gerakan ini untuk melatih paha bagian samping hingga ke pinggang.

  • Scoliosis Hang active
Berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, pegang body bar selebar bahu, angkat hingga tangan lurus keatas. tahan 8 hitungan hingga 3 set. Gerakan ini bertujuan menarik bagu=ian punggung dan tulang belakang.