Saturday, 25 March 2017

SIFAT-SIFAT SUAMI IDEAL


     Peranan Suami dalam Rumah Tangga begitu penting selain sebagai kepala Rumah Tangga, seorang Suami harus mampu menjaga, membimbing, Mendidik dan menafkahi keluarga. Baiknya Seorang suami bisa menempatkan diri sebagai Contoh atau Suri tauladan bagi anak dan istri sehingga akan terbentuklah keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah.

SUAMI idaman
Berikut beberapa sifat-sifat Suami Ideal menurut Pandangan Islam :

1. Tenang dan Berwibawa
Pemuda yang tenang sangat di sanjung Oleh Allah SWT, sebab ia bisa menyelamatkan keluarganya agar di Dunia mencapai Hidup bahagia, Sejahtera dan di akhirat berada dalam Surga.
Allah SWT berfirman, dalam surat Al-Fajr ayat 27-30 :
Artinya : 27. Hai jiwa yang tenang.
Artinya :28. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.
Artinya : 29. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,
Al-Fajr ayat 30
Artinya : 30. masuklah ke dalam surga-Ku.

Selain Ia tidak mudah cepat marah dalam menghadapi persoalan yang pelik, ia juga harus berwibawa karena ia merupakan penguasa Tunggal di lingkungan keluarganya terhadap istri dan anak-anaknya.

2. Suka menolong dan Menghormati kaum Lemah.
Islam Menganjurkan agar Tolong Menolong  diantaranya sesama manusia, sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat Al-Maidah ayat 2 :
Artinya :  "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya."

Wanita, Sesuai dengan kodratnya, lemah dalam Fisik, lembut perasaannya dan senantiasa Harus dilindungi oleh lelaki.
Wanita harus mendapat perlindungan serta perlakuan yang adil dan layak sebagaimana perlakuan terhadap umumnya manusia.

3. Tinggi Cita-citanya dan Berkemauan Keras.
Seorang Suami harus selalu Berusaha untuk maju dan sukses, tidak mudah menyerah, patah hati dan Ragu-ragu, Tetapi selalu bersabar hati karena Sebaik-baiknya Usaha adalah Berusaha Penuh tawakal kepada Allah SWT, sambil Berdo'a memohon Kepada-Nya.
Al-Qur'an Mengajarkan kepada manusia :

"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah Hendaknya Kamu Berharap."

4. Hidup Teratur  dan Sopan
kehidupan Rumah tangga yang Beraturan dan sopan, akan menumbuhkan kehidupan yang Harmonis. Dari cara hidup yang teratur akan menimbulkan rasa aman dan bahagia. Dari sikap yang sopan akan tumbuh saling harga menghargai, Tenggang Rasa dan cinta kasih antara suami dan Istri.
Maka kebiasaan Hidup secara teratur dan sopan akan mewujudkan satu rumah tangga yang bahagia Lahir dan batin.

5. Bertanggung Jawab
Laki-laki dalam posisi kehidupan keluarga adalah sebagai pimpinan rumah Tangga. Sesuai dengan kedudukannya, dia Harus bertanggung jawab terhadap anggota keluarganya dalam hal moril dan materil.
Dalam Bidang materil, Dia harus memberikan nafkah bagi kelangsungan Hidup dan kesehatan yang berupa makanan, pakaian dan perumahan.
Sedang dalam bidang moril, Berarti harus mengusahakan peningkatan usahanya seperti peningkatan pendidikan/ilmu pengetahuan, keahlian khusus dan keterampilan lainnya yang di harapkan bisa menunjang kesejahteraan hidup anggota keluarganya.
Allah SWT berfirman dalam surat Hud ayat 15 :
surat Hud ayat 15






0 komentar

Post a Comment