Saturday, 24 June 2017

Ciri-Ciri Keuangan Anda sudah "Mapan"

Ciri-Ciri Keuangan Anda sudah "Mapan"
Keamanan finansial tidak Hanya tercapai saat seseorang telah berada pada posisi kaya raya. asalkan pengelolaan keuangan tepat, Anda pun bisa mendapatkan keamanan finansial. apa sajakah ciri-cirinya?

Utang
Keuanga yang sudah "mapan" bisa terindikasi dari kebebasan dari tagihan Hutang. Di satu sisi, utang seperti utang perumahan dalam bentuk KPR atau KPA, memang wajar dan menjadi solusi untuk mendapatkan kebutuhan pokok. Namun, bila utang meliputi hal-hal sepele seperti utang membeli barang-barang elektronik atau pakaian mahal, ini yang kurang tepat. Begitu juga dengan utang pada teman atau anggota keluarga. pengelolaan keuangan tergolong baik jika Anda terbebas dari utang sepele dan mampumembayar utang KPR.

Gaya Hidup
"Mapan" secara financial juga bisa Terindekasi dari gaya hidup yang tidak berlebihan. Meskipun mampu membeli barang-barang bermerek dan mahal, tetapi memilih produk yang sederhana dan terjangkau, sesorang bisa dikatakan mempunyai pengelolaan keuangan yang cukup baik. bahkan, banyak orang kaya yang kurang suka mengumbar-umbar barang-barang bermerek dan tidak mengejar gengsi.

Meskipun mampu membeli
Barang-barang bermerek dan
mahal, tetapi memilih produk
yang Lebih Sederhana dan
Terjangkau, seseorang bisa
dikatakan mempunyai
pengelolaan keuangan
yang Cukup baik.


Tabungan dan Investasi
pengelolaan keuangan yang baik bisa juga ditandai dengan adanya jumlah tabungan yang cukup dan investasi. Tidak Hanya satu jenis tabungan, biasanya orang yang mapan secara financial akan menyimpan tabungan dalam beberapa bentuk. Misalnya Deposito,Reksadana, dan Emas. Orang yang cerdas dalam mengelola keuangannya pun akan lebih jeli dalam memilih investasi.
ini karena pemikiran orang yang matang secara financial  lebih panjang. Ia tidak memikirkan kebutuhan dana dan pemasukan hanya untuk saat ini tetapi juga untuk masa yang akan datang. investasi yang dipilih tidak hanya investasi jangka pendek, tetapi juga iinvestasi jangka panjang. Misalnya reksadana dan Properti.

Emosi terhadap Uang
Krisis Ekonomi bisa menimpa semua negara. Namun, Orang yang mapan secara financial biasanya tidak begitu peduli. Bisa jadi, seseorang bersikap tenang apabila ada pergolakan ekonomi rumah Tangga.
Alasannya kenapa? Karena Ia telah Siap Menghadapi berbagai kondisi ekonomi, Baik berkekurangan, berkecukupan, ataupun berkelebihan. perencanaan keuangan yang matang dan sikap tidak berdiam diri atau bekerja keras diyakini akan menjadi jalan keluar dalam menghadapi persoalan sulit dalam kehidupan.

Berbagi
Orang yamg mempunyai kondisi finansial yang mapan biasanya akan lebih murah Hati. Namun, tidak sembarang memberi. seseorang yang matang secara finansial akan mencermati kondisi orang yang akan ditolong. ia akan memberikan Bantuan sesuai kemampuanya dan sesuai keperluan orang yang dibantu. saat seseorang memberikan bantuan, ini bisa berarti kondisi finansial telah tercukupi. bantuan untuk yang membutuhkan tidak akan mengganggu keeimbangan perhitungan keuangannya, malahan dengan cara berbagi dia merasa lebih kaya lagi dan merasakan nikmat bersyukur akan Karunia-Nya.